Welcome




Sabtu, 28 September 2013

Indonesia Juara

Paceklik gelar yang menghantui Indonesia akhirnya sirna pada malam ini, Minggu, 22 September 2013. Menghadapi timnas Vietnam U-19 di final Piala AFF U-19, timnas Indonesia U-19 keluar sebagai juara setelah memenangi laga lewat adu penalti di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.



Kedua tim bermain imbang tanpa gol di partai puncak Piala AFF U-19 yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Indonesia yang hanya melakukan satu perubahan di starting line up, yakni Dinan Yahdian menempati posisi Maldini, tampil penuh semangat sejak menit pertama. Namun justru Vietnam yang berhasil menguasai permainan.

Vietnam yang tampil lebih lepas dan rapi mampu menyulitkan timnas Indonesia di babak pertama. Bahkan beberapa kali peluang dari Pham Duc Huy, tendangan keras Nguyen Cong Phuong masih mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper Garuda Jaya, Ravi Murdianto.

Setelah bermain imbang tanpa gol di babak pertama, Indonesia mencoba bangkit dengan bermain lebih agresif di paruh kedua. Namun lagi-lagi Vietnam yang tampil lebih efektif hampir saja menjebol gawang Indonesia. Beruntung Ravi Murdianto masih mampu menepis tendangan Nguyen Cong Phuong.

Kalah serangan dan lini tengah kurang berjalan dengan baik, pelatin indra Sjafri melakukan pergantian dengan memasukkan Hendra Sandi menggantikan M Hargianto.

Pada menit ke-68, Garuda Jaya memperoleh peluang matang. Diawali sebuah serangan yang dibangun dari sisi kanan lewat Maldini, pemain bernomor punggung 15 tersebut mengirim umpan ke depan gawang Vietnam. Sayang umpan tersebut gagal diraih oleh Muchlis Hadi dan Ilham Udin yang berada di dalam kotak penalti.

Indonesia yang bermain di depan pendukung sendiri mencoba lebih menekan di sisa pertandingan. Pada menit ke-77 Indonesia kembali memperoleh peluang. Namun tendangan bebas dari Hendra Sandi masih mampu ditepis kiper Le Van Truong.

Vietnam yang kali ini menerapkan strategi serangan balik giliran memperoleh pelung. Beruntung tendangan dari Hoang Thanh Tung pada menit ke-82 masih menyamping dari gawang Ravi Murdianto. Hingga pertandingan di waktu normal usai, skor imbang tanpa gol tak mengalami perubahan. Pertandingan pun dilanjutkan dengan tambahan waktu

Di babak extra time, Indonesia terus memberikan tekanan ke pertahanan Vietnam melalui kedua sayap. Pada menit ke-101, Indonesia meraih peluang melalui tendangan Maldini. Namun lagi-lagi Le Van Truong mampu mengamankan gawangnya dengan baik.

Tempo permainan semakin tinggi di 15 menit kedua extra time. Baik Indonesia maupun Vietnam terus mencoba mencetak gol. Dua peluang beruntun dari Maldini dan Dimas Drajad masih mampu diantisipasi dengan baik oleh Le Van Truong. Skor imbang tanpa gol tetap bertahan sehingga pertandingan harus dilanjutkan dengan adu penalti.

Lewat adu penalti inilah, impian seluruh rakyat Indonesia akan gelar prestisius di Asia akhirnya terwuju. Satu tendangan yang diblok kiper Ravi Murdianto dan Ilham Udin menjadi penentu Indonesia setelah tendangannya gagal diantisipasi oleh kiper Vietnam, membawa Indonesia meraih gelar juara setelah memenangi adu penalti dengan skor 7-6. Selamat Garuda Jaya.

Susunan pemain

Indonesia: Ravi Murdianto (GK); M Fatchu Rahman, M Sahrul Kurniawan, Hansamu Yama, Putu Gede Juni Antara; Zulfiandi, Hargianto (Hendra Sandi 62'); Evan Dimas (C); Dinan Yahdian (Maldini 39'), Ilham Udin, Mukhlis Hadi (M Dimas Drajad 106').

Vietnam: Le Van Truong (GK); Le Van Song, Tran Huu Dong Trieu, Truong Van Thiet, Hoang Thanh Tung; Nguyen Phong Hong, Pham Trum Tinh Nguyen Tuan Anh (C), Pham Duc Huy; Nguyen Chong Phuong (Lam Thi Phong 77'), Nguyen Van Toan. (bln/sug)

0 komentar:

Posting Komentar

Jika Komentar Mengandung :

-Sara
-Spam
-Kata Kata kotor

Maka komentar tersebut akan di hapus oleh administrator

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More